Senin, 17 Desember 2012

Tips Membuat Suara Rekorder (Recorder) Lebih Bagus dan Nyaring

Teman-teman yang suka main recorder pasti pernah merasakan pada saat main itu suaranya agak sumbang. Kalau misalnya tidak ada cacat fisik pada recorder anda, berarti ada sesuatu yang menghalangi sirkulasi udara di dalamnya, seperti ludah (maaf, mungkin masuk pada saat anda meniupnya), serangga/ jaring laba-laba (karena terlalu lama tidak dipakai), dan sebagainya.
Sirkulasi udara yang terhalang ini akan membuat suara recorder kurang bagus dan nyaring. Anda dapat mengakalinya dengan cara:


  1. Bersihkan secara rutin bagian dalam recorder anda, mungkin setiap tiga sampai tujuh kali pemakaian (tergantung durasi). Sebagian merek recorder menyertakan pembersih dalam satu paket, tapi ada juga yang tidak. Maka dari itu, anda dapat membuat pembersih sendiri dengan cara melilitkan kapas pada lidi (hati-hati tersangkut). Pembersihan lebih rutin dibutuhkan pada saat tidak dipakai (sebaiknya diletakkan di wadah khusus).
  2. Masih ingat dengan konsep fisika bahwa udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Udara yang bertekanan tinggi adalah udara yang memiliki temperatur rendah, dan sebaliknya. Maka anda harus membuat tekanan udara di dalam recorder lebih rendah dengan cara menghangatkannya agar suara yang ditimbulkan lebih nyaring dan lebih mudah ditiup. Bukan berarti anda harus membakar recorder anda. Jika anda mempunyai hair dryer, anda bisa memanfaatkannya untuk memasukkan udara panas ke dalam recorder.
  3. Pastikan cara anda memainkan recorder benar.

Sekian tips untuk membuat suara recorder anda jadi lebih bagus. Kritik dan saran terhadap blog dan posting ini bisa langsung ditulis di komentar.

3 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Maaf,apa betul mencuci recorder harus direndam air hangat?Saya agak ragu2 malah takut rusak.Makasih

Anonim mengatakan...

ok

Posting Komentar

 
Copyright 2009 PASS-ON. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase